Friday, April 18, 2014

Pizza (step by step)



Siapa yang tidak kenal dengan penganan bernama "Pizza"? Makanan asal Italia ini merupakan salah satu Favorit keluarga kami.
Alhamdulillah berhasil menemukan resep kulit pizza yang gampang, ga repot, ga banyak nimbang dan tentunya enak. Topping nya? disesuaikan dengan yang ada di dapur he he he

Berikut resepnya, sumber dari Cooking Class di acara "Perempuan PKS menyapa Tokyo" (bisa dibaca di sini) bersama Chef Melia :)

Bahan Kulit (diameter 25 cm)
Tepung terigu protein tinggi 170 gram
Gula 1 sdm
Ragi instan 1 sdt
Garam sejumput
Olive/salad Oil
Air Hangat 80-90 ml

Topping (versi saya)
Bawang putih 2-3 siung, geprek lalu cincang.
Bawang bombay 1/4 buah di iris atau cincang
Sosis potong tipis. atau daging cincang atau tuna kaleng
Sayuran : Jamur shitake iris halus, atau paprika, atau jagung pipilan (apa saja yg tersedia di kulkas) :-)
Saus tomat
Basil kering, oregano, garam, merica, gula, 
cara nya : Tumis bawang putih, kemudian bombay. Masukkan sosis/daging, setelah setengah matang masuk sayuran, saus tomat dan bumbu2, cicip untuk mendapat rasa yang pas.

Keju (Melted type)

Cara membuat Kulit Pizza :
1. Didalam mangkuk besar, masukkan terigu, gula, ragi dan air hangat. Aduk dengan spatula sampai menggumpal, tambahkan garam, olive oil .

 

2. Uleni sampai Kalis, kemudian diamkan ditempat hangat sekitar 20 menit (ditutup kain basah/plastik wrap). Saat suhu dingin/winter biasanya saya hangat kan dalam oven 40derajat.
dan saat menunggu ragi bekerja inilah saya biasanya membuat topping :)



3. Adonan akan mengembang lebih kurang 2 kali lipat, kemudian tipiskan adonan berbentuk lingkaran, dan bentuk batas dengan mengunakan jari agar topping tidak meleber keluar.


4. Isi dengan topping sesuai selera dan taburi melted cheese diatas nya
5. Panas kan oven 5-10 menit, kemudian panggang dengan suhu 190-200 derajat (tergantung oven masing2) selama lebih kurang 15-20 menit.

Atau jika tidak punya oven, bisa dengan menggunakan wajan anti lengket. Caranya panas kan dahulu wajan, kemudian letakkan adonan yang sudah di tipiskan, panggang dengan api kecil.
taburi topping, tutup wajan panggang sampai matang dan keju meleleh.





Selamat Mencoba :-)

No comments:

Post a Comment